9 Nutrisi Terbaik Untuk Membesarkan Otot

Maksimalkan Nutrisi anda untuk membesarkan otot secara optimal. Berlatih angkat beban secara rutin tetapi tidak nampak hasilnya, jangan -jangan bukan program latihan anda yang salah tetapi mungkin saja makanan yang anda konsumsi tidak bermanfaat. Namun jangan khawatir, disini saya akan menjabarkan elemen-elemen kunci yang dapat mengembangkan otot secara sempurna, Silakan menyimak :D:D:D:D:D

1. Nasi : Karbohidrat paling sempurna
Manfaat bagi otot : Sebelum berlatih angkat beban, cek dulu persediaan bahan bakar dalam tubuh anda. Sebaiknya anda makan 2 jam sebelum berolahraga, karena terlalu dekat juga akan membuat anda tidak nyaman. Karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi utama saat anda berolahraga atau beraktifitas lainnya. Selain itu jika anda diet (mengurangi makan) berlebihan akan karbohidrat, malah cadangan protein otot anda yang akan dipecah.
Manfaat bagi tubuh : Bila tubuh anda kehabisan karbohidrat sama saja dengan mobil kehabisan bensin, dimana semua organ-organ tubuh tidak sanggup bekerja secara maksimal. Seluruh kegiatan fisiologi tubuh dapt terganggu jika kadar glukosa (pecahan dari karbohidrat) berkurang.



2. Pisang : sumber energi cepat
Manfaat bagi otot : Rasanya yang enak merupakan indikator pisang mengandung glukosa yang cukup tinggi. Lewat proses metabolisme tubuh, glukosa dapat dirubah menjadi glikogen – sumber energi yang siap dipakai untuk membentuk otot-otot tubuh anda. Pisang juga mengandung potassium yang bertanggung jawab terhadap kestabilan kerja antara sel -sel syaraf dengan pusat syaraf (hypothalamus) anda.
Manfaat bagi kesehatan : Potassium merupakan mikroelemen yang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh manusia, dan hampir seluruh sel dalam tubuh membutuhkan potassium untuk aktifitasnya.

3. Kentang : Suplemen lengkap
Manfaat bagi otot : Makanan ini banyak mengandung nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti : beta karoten, vitamin C, folat, dan potassium. Beta karoten sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan sel – sel otot setelah bereaksi dengan antioksidan lain seperti zinc.
Manfaat bagi tubuh : Jika keriput di wajah anda sulit hilang, mungkin anda harus mengkonsumsi kentang, karena selain sumber energi, kentang juga dapat memacu produksi kolagen dalam tubuh anda. Kolagen merupakan jaringan penyokong untuk kulit dan tulang.

4. Telur : Protein paling sempurna
Manfaat bagi otot : Selain murah, telur juga memiliki nilai protein yang tinggi dan komplit. Protein dapat dipecah dalam tubuh menjadi asam amino yang dapat digunakan oleh otot untuk tumbuh dan berkembang, selain itu telur mengandung 213 mg kolestrol dan 6 gram lemak. Jangan takut ketika mendengar istilah lemak dan kolestrol, karena dengan asupan yang cukup keduanya diperlukan juga untuk pembentukan hormon tubuh untuk metabolisme otot. Makan telur secara utuh cukup 1 saja, karena terlalu banyak juga akan mengakibatkan deposisi lemak dalam tubuh. “Jika perlu protein tambahan cukup memakan putih telurnya saja”
Manfaat bagi kesehatan : Selain untuk otot, seperti halnya karbohidrat, protein juga diperlukan dalam metabolisme tubuh. Jika tidak ingin dikatakan “kurang pintar” anda juga harus cukup mendapat asupan protein, karena diperlukan untuk zat penghubung sel- sel saraf.

5. Ikan Tuna : Peredam pemecahan otot
Manfaat bagi otot anda : Jika anda takut durinya, pilih saja yang dalam bentuk kaleng. Selain rasanya yang mantap. Daging tuna juga mengandung omega 3 yang dapat meredam pemecahan protein dalam otot setiap kali anda selesai berlatih angkat beban, alhasil otot akan pulih dengan segera.
Manfaat bagi kesehatan : Selain untuk otak, omega 3 juga dapat berperan aktif menjaga kesehatan mata dengan cara menjaga system kerja jaringan syaraf penglihatan

6. Daging sapi : keratin pemahat.
Manfaat bagi otot : Dengan mengkonsumsi 2 gram untuk setiap setengah kilogram berat badan anda, tubuh akan mendapat pasokan kreatinin yang dibutuhkan untuk memahat otot anda. Selain protein, daging sapi juga mengandung zat besi dan seng, 2 zat yang juga penting dalam metabolisme otot.
Manfaat bagi kesehatan : Mengkonsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar selenium dalam darah,yang dapat menurunkan resiko anda terserang kanker prostat .

7. Kopi : Memacu adrenalin
Manfaat bagi otot : Dalam pemakaian yang wajar, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memacu sistem adrenalin anda. Nikmati efeknya, jika anda meminum 2 jam seblum latihan, anda akan lebih semangat saat berlatih dan melakukan beberapa set lebih banyak dibanding hari-hari sebelumnya. Namun, jangan paksakan diri anda untuk meminumnya jika anda memiliki sejarah hipertensi.

8. Alpukat : Obat bagi otot
Manfaat bagi otot : Alpukat merupakan salah satu sumber terbaik alfatokoferol, yaitu bentuk vitamin E yang paling mudah diserap oleh tubuh. Agar otot-otot tubuh yang sudah anda latih dengan susah payah tidak rusak akibat reaksi radikal bebas yang muncul setelah berlatih, sebaiknya anda minum antiradikal bebas seperti alpikat.
Manfaat bagi kesehatan : Berdasarkan jurnal of American medical association, kemungkinan pria yang rajin mengkonsumsi vitamin E yang bersumber dari makanan, bukan suplemen, 67 % lebih rendah kemungkinannya terkena Alzheimer dariapda pria yang menyantap lebih sedikit vitamin E

9. Air : Pengisi otot
Manfaat bagi otot : Hampir 80 % dari otot ternyata berupa air, jadi dapat dibayangkan apa jadinya jika jaringan otot-otot tubuh anda mengalami dehidrasi. Selain itu, sintesis protein berlangsung lebih cepat dalam sel – sel yang cukup mendapatkan air. Artinya, semakin sedikit jumlah air yang anda konsumsi, jumlah protein yang dimanfaatkan tubuh pun akan semakin berkurang dan jangan harapkan otot-otot anda dapat berkembang sempurna.
Manfaat bagi kesehatan : Selain untuk berbagai kegiatan fisiologis tubuh, minum sedikitnya 5 gelas tiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan ginjal.

Salam sehat !!:D:D:D:D:D

0 comments: